CARA KONFIGURASI SETTING BRIDGE TP LINK WA7210N DENGAN AP MODE- - FunnyChannel

Selamat datang di blog saya, setelah sebelumnya saya membuat sebuah artikel tentang cara setting TP Link wa5210 sebagai penerima dan pemancar kali ini saya akan menambahkan sebuah artikel tentang setting TP Link WA 7210, secara fisik dan konfigurasi tl wa7210 tidak jauh berbeda dengan pendahulunya yaitu tl wa5210 hanya saja perbedaannya terletak pada frekwensi sinyal yang dihasilkan.

Jika pada artikel sebelumnya saya membahas tentang setting perangkat sebagai Acces Point dan Client, pada kesempatan ini saya akan melengkapi dengan setting perangkat sebagai Bridge atau jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia adalah "jembatan" yang dalam artian sebagai penghubung.


Oke untuk mempersingkat waktu langsung saja kita lihat step by step cara konfigurasinya.



Definisi:

Di dalam sebuah jaringan, pada konfigurasi Bridge Tradisional memungkinkan dua atau lebih titik akses nirkabel (AP) untuk berkomunikasi antara satu sama lain dengan tujuan bergabung dengan beberapa sambungan LAN, silahkan perhatikan gambar dibawah.



Bridge dengan mode AP juga dapat menyediakan koneksi nirkabel lokal seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini, penjelasannya yaitu AP 1 sebagai pusat koneksi, AP 2 nembak AP 1 untuk mendapatkan koneksi, setelah berhasil terhubung dengan AP 1 selanjutnya AP 2 membagi koneksi ke client baik melalui LAN atau Wireless.




Prasyaratan:

1.     AP1 sudah dikonfigurasi sebagai mode titik akses (access point).
2.     Buat dan settinglah IP address, security type, wireless pasword, region dan chanel pada AP1

Jika langkah diatas sudah dilakukan, maka selanjutnya kita lakukan konfigurasi perangkat.

Konfigurasi perangkat
Langkah 1
  • Hubungkan komputer anda ke AP2 menggunakan kabel LAN. Konfigurasi IP komputer anda dengan IP statis (di sini saya menggunakan 192.168.0.100 sebagai contoh) untuk komputer. 
  • Login ke Interface berbasis Web dengan memasukkan IP default alamat 192.168.0.254 ke address bar browser web Anda. 
  • Masukkan Username dan password default admin. Pilih "Saya setuju dengan syarat penggunaan ini" dan klik login.
Langkah 2
  • Pastikan dan settinglah IP LAN AP1 dan AP2 pada class/segmen yang sama
  • Setelah mengubah alamat IP dari AP2, Anda perlu kembali login dengan menggunakan IP address,jika alamat IP telah diubah ke subnet yang berbeda Anda perlu mengubah alamat IP pada komputer Anda untuk menyesuaikan.

Langkah 3
Mengkonfigurasi AP2 ke Bridge dengan modeAP.


  1. Klik pada Mode Operasi di sisi kiri halaman setting. PilihBridge dengan AP dan klik Save untuk menyimpan settingan

2.  Silahkan pilih dan klik Wireless -> Wireless Setting pada menu sebelah kiri, maka akan tampak        seperti gambar dibawah..

Silahkan pilih dan klik Wireless -> Wireless Setting pada menu sebelah kiri, maka akan tampak seperti gambar dibawah.


3. Klik tombol Survey dan daftar AP akan ditampilkan. Cari nama jaringan nirkabel (SSID) dari AP1 dan klik Connect.



4.  Pada Wireles bridge setting pastikan Key Type, Password, Region dan Chanel harus sama dengan AP1, sedangkan Nama Wireless untuk penyebar dapat berbeda dari AP1.Setelah semua data diisi selanjutnya klik tombol Save.
silahkan lihat gambar dibawah ini dan perhatikan bagian mana saja yang harus diisi.





5.   Setelah settingan diatas selesai selanjutnya pilih Wireless - Wireless Security untuk mengkonfigurasi password nirkabel jaringan nirkabel local Anda Disarankan untuk menggunakan WPA / WPA2-Personal. untuk Password dapat berbeda dengan password AP1.



6.     Setelah settingan password selesai langkah berikutnya adalah klik System Tools - Reboot untuk reboot perangkat anda, hal ini dilakukan juga agar settingan anda aktif di perangkat.

Setelah reboot(restart) silahkan tes koneksi dan cek semua perangkat untuk memastikan konfigurasi anda tidak ada kesalahan dan dapat segera digunakan.

Sementara sekian dulu artikel saya mengenai setting TP Link wa7210n, semoga membantu.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget